Minggu, 08 Februari 2009

soal UTS smst. 1

SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2008/2009
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Mata Kuliah : Biologi Umum I
Smt./Prodi : I/P.Bio, Bio
Hari/Tanggal : Rabu/ 29 Oktober 2008
Waktu : 14.30 s.d. 16.00
Ruang : 301-304
Dosen : Dra. Maizer Said Nahdi, M.Si.
Sifat : Buku Tertutup


Bismillahirrahmaanirrahiim

Kerjakanlah semua soal berikut ini pada lembar jawaban yang telah disediakan!

1. Dalam kehidupan terdapat banyak fenomena yang dapat dijelaskan dengan berbagai sudut pandang bidang ilmu tertentu. Berikan salah satu contoh fenomena kehidupan yang dapat dijelaskan dengan konsep Biologi!
2. Langkah-langkah apa saja yang harus ditempuh dalam suatu metode ilmiah? Berikan satu contoh permasalahan ilmiah beserta hipotesisnya!
3. Apa saja cirri-ciri yang dapat digunakan untuk menunjukkan adanya kehidupan. Jelaskan!
4. Jelaskan apa yang saudara ketahui tentang Mikroskop dan cara penggunaannya (bila perlu dengan gambar)!
5. Apa yang saudara ketahui tentang sel, dan bagaimana cara pembelahannya. Jelaskan dengan diberi contoh!

SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2008/2009
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA


Mata Kuliah : Manajemen dan Teknik Laboratorium
Smt./Prodi : I / Biologi dan Pendidikan Biologi
Hair/Tanggal : Kamis, 30 Oktober 2008
Ruang : 301, 302, 406, 407 dan 408
Dosen : Runtut Prih Utami, M.Pd. / Isma Kurniatanty, M.Si.
Sifat : Buku Tertutup / Closed book


Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan baik dan benar!

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan manajemen Laboratorium (laboratory management)! Sebutkan pula perangkat apa saja yang harus dikelola?
2. Jelaskan perbedaan antara Classroom laboratory dan Research laboratory!
3. Sebutkan wewenang dan tanggung jawab dari kepala laboratorium dan laboran! (minimal 4)
4. Jelaskan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan dari suatu laboratorium agar para pengguna laboratorium dapat terjamin keselamatannya!
5. Terangkan makna symbol-simbol berikut ini:

A.
B.
C.
D.
E.


********
Selamat Mengerjakan……

SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2008/2009
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA


Mata Kuliah : Kimia Dasar I
Smt./Prodi : I/Kimia, Pendidikan Kimia dan Biologi
Hari/Tanggal : Senin, 27 Oktober 2008
Waktu : 07.30 – 09.30 (120 menit)
Ruang : Thea (KIM), 304, 304, 306 (P.KIM), 401,402 (BIO)
Dosen : Susy Yunita P, M.Si., Liana Aisyah, S.Si., MA., Kusmiyati, M.Sc.
Sifat : Buku tertutup, Boleh menggunakan kalkulator (bukan HP)


Petunjuk Umum :
1. Awali dengan basmalah. Bacalah soal-soal berikut engan teliti, kemudian kerjakan di lembar jawaban,
2. Telitilah kembali jawaban Anda sebelum mengumpulkan lembar jawaban. Akhiri dengan hamdalah.


1. Tuliskan nama kimia (IUPAC) untuk senyawa-senyawa berikut ini. (Nilai 10)
a. K2SO4
b. N2O3
c. FeCl2
d. HgO

2. Soal-soal berikut terkait dengan nomor atom dan nomor massa. Suatu atom X melepas elektronnya, menjadi ion X2+, ion X3+ tersebut memiliki 18 elektron dan 20 neitron. Tentukan nomor atom dan nomor massa atom X tersebut! (Nilai 10)

3. Urea [(NH2)2CO] dibuat dengan mereaksikan ammonia dan karbondioksida. Hasil samping reaksi tersebut adalah air. (Nilai 20)
a. Tuliskan persamaan reaksi yang setara untuk reaksi sintetis urea
b. Bila 85 gram ammonia bereaksi semmpurna mengikuti reaksi diatas, hitunglah berapa gram urea yang dapar dihasilkan. Diketahui Ar N=1, C=12, O=16

4. Kalium-40 (nomor massa K=40) adalah salah satu dari sedikit isotop radioaktif alami dari unsure bernomor atom kecil. Persentase kelimpahannya diantara isotop-isotp K adalah 0.012%. Berapa banyak atom K-40 yang masuk ke dalam tubuh anda jika anda meminum susu yang mengandung 400 mg kalium. Bilangan Avogadro = 6,02 x 1022 (Nilai 20)

5. Dibutil suksinat adalah bahan aktif dalam obat anti semut dan kecoa yang bisa digunakan di rumah-rumah tangga. Komposisi senyawa ini adalah 62.58% C, 9.63 H, dan 27.79% O. Sedangkan massa molarnya adalah 230 gram/mol. Tentukan rumus empiris dan rumus molekul senyawa ini. (Nilai 20)

6. Larutan NaOH dimasukkan dalam buret digunakan untuk menitrasi 20 mL larutan HCl 0,1 M titik ekivalen memerlukan NaOH sebanyak 18,47 mL. berapa molaritas NaOH? (Nilai 20)


UJIAN TENGAH SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2008/2009
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA

Mata Kuliah : Islam dan Budaya Lokal
Smt./Prodi : I/P.Bio., Bio., Mat., P.Fis., Fis., T.In.
Hari/Tanggal : Jum’at/31 Oktober 2008
Waktu : 13.00-1400 WIB
Ruang : -
Dosen : Drs. Sedya SAntosa, SS, M.Pd.
Lebba, S.Ag, M.Si.
Mukalam, M.Hum.
Sifat : Terbuka


Petunjuk :
1. Jawablah soal-soal dibawah ini dengan uraian analitis secara singkat dan jelas!
2. Kerjakan 3 (tiga) soal saja!

Soal:
1. Di dalam agama selalu ada keyakinan pada Yang Suci atau yang disucikan. Jelaskan hal-hal yang disucikan di dalam agama dan apa implikasinya bagi para pemeluk agama tersebut?
2. Di samping hal-hal yang bersifat material, kebudayaan juga mengandung unsur-unsur abstrak yang bersifat idea tau gagasan. Jelaskan apa yang dimaksud unsur abstrak di dalam kebudayaan dan berilah contohnya!
3. Ketika Islam dating atau masuk ke Indonesia, masyarakat ini telah memiliki kebudayaan lokal. Di dalam pertemuan keduanya muncul fenomena sinkretisasi dan purifikasi. Jelaskan apa yang dimaksud sinkretisasi agama dan apa pengaruhnya bagi keberadaan budaya lokal setempat?
4. Apa yang anda pahami tentang pluralisme agama? Mengapa pluralism agama sangat menekankan arti penting dialog antar pemeluk agama?
5. Menurut data sensus penduduk tahun 2008, mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam tetapi minoritas atau hanya sebagian yang bersungguh-sungguh di dalam praktik ibadah. Jelaskan fenomena ini berdasarkan kajian Islam dan Budaya Lokal!
6. Jelaskan dinamika hubungan Islam dan Budaya Lokal yang terjadi di daerah anda masing-masing (seperti Jawa, Madura, Sunda, Makasar dan lain-lain) dan berilah contohnya!


*** Selamat Mengerjakan ***

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UJIAN TENGAH SEMESTER GASAL TA 2008/2009


Mata Kuliah : PRNGANTAR STUDI ISLAM
Hari/Tanggal : Rabu/ 5 November 2008
Kelas/Prodi : Semua Program Studi
Waktu : 10.00 – 11.40 (100 menit)
Dosen/Penguji : Drs. Ahmad Pattiory, MA., Drs. Abdul Malik Usman, M.Ag., Drs. Kamsi, M.A., Yasin Baidi, M.Ag., Muqowim, M.Ag.
Sifat Ujian : TERTUTUP


Jawablah lima (5) nomor dari soal-soal berikut ini secara singkat dan jelas!
1. Jelaskan makna islam, syariah dan wahyu dari segi bahasa maupun istilah! (N=20)
2. Menurut Nasr Hamid Abu Zaid, Islam sebagai sebuah objek studi (penelitian) dapat dikelompokkan menjadi tiga. Coba anda sebutkan dan jelaskan ketiga kelompok tersebut. Sebutkan dan jelaskan pula tiga model berpikir di dalam Studi Islam. (N=20)
3. Perkembangan Studi Islam, telah melewati fase (periode) yang cukup panjang. Yakni sejak kelahiran Islam hingga kini. Coba sebutkan beberapa kota besar yang pernah menjadi pusat kajian (studi) Islam di zaman keemasan Islam! Jelaskan singkat faktor-faktor pendorong kemajuan dunia Islam mencapai keemasan! (N=20)
4. Kapan dan bagaimana proses dunia barat mulai mengenal dan mengembangkan studi Islam? Jelaskan singkat! (N=20)
5. Jelaskan letak perbedaan lingkup studi Islam di masa Nabi SAW, masa keemasan Islam (Umayah dan Abasiyah) dengan masa kini yang dikenal dengan era Post Modern, era globalisasi dan era Multikultural! (N=20)
6. Sejak awal kelahirannya, Islam telah memiliki komitmen dengan ilmu pengetahuan. Hal ini tergambar dari banyaknya ayat al-Qur’an dan Hadis Rasulullah SAW yang secara tegas member penekanan pada aspek ilmu. Jelaskan apa hubungan Islam dengan ilmu pengetahuan? (N=20)
7. Apa yang anda ketahui tentang studi Islam dan ruang lingkupnya? Jelaskan juga kajian Islam integrative-interkonektif? Berikan uraian argumentative anda! (N=20)
8. Dalam studi Islam ada dua wilayah kajian, yaitu Islam sebagai wahyu dan Islam sebagai produk sejarah atau Islam normatif dan Islam Historis. Jelaskan apa yang anda ketahui tentang dua wilayah kajian tersebut! (N=20)
9. Ada dua sumber pokok kajian Islam yaitu al-Qur’an dan Sunnah. Jelaskan bagaimanakah hubungan fungsional dari kedua sumber tersebut! (N=20)
10. Apa perbedaan epistimologi bayani dan burhani yang diatawarkan oleh Abid al-Jabiri dilihat dari sumber pengetahuan, pendekatan, produk keilmuan, dan implikasi pemikiran? Buatlah contoh dari seorang saintis yang mempunyai paradigm bayani dan burhani! (N=20)

Selamat Mengerjakan…!


SOAL UJIAN MID SEMESTER

Mata Kuliah : Tauhid
Hari/Tanggal : Selasa, 28 Oktober 2008
Smt./Jurusan : I/T In, Bio, P.Bio, Mat., P.Mat., Kim., TI, Fis..
Dosen : Dr. Ahmad Arifi, M.Ag.; Yunu Ma’rufah, M.Si., Farida Musyrifah, M.Si., Drs. Ahmad Rodli, M.Pd., dan Dr. Abdul Munip, M.Ag.


Catatan : Soal No. 1, 2 dan 3 sebagai soal pokok yang harus dikerjakan!

1. a. Bertauhid berarti keyakinan tentang ajaran monoteisme. Jelaskan pengertian tauhid yang meliputi Tauhid Uluhiyah dan Tauhid Rububiyyah!
b. Mengapa harus ada kajian Ilmu Tauhid dalam keilmuan Saintek di UIN? Jelaskan dengan perspektif keilmuan integrasi-interkoneksi!

2. Dua hal utama dalam Aqidah Islamiyah yang mendasar kita dalam bertauhid adalam islam dan iman. Semua Nabi membawa risalah ajaran Islam, tetapi nama-nama agama yang diikui oleh umat para Nabi berbeda-beda, seperti Yahudi, Nasrani, Islam. Kalau begitu, apa makna yang terkandung dalam terminoogi Islam dimaksud? Apa kaitannya dengan Iman dan Ihsan?
3. a. Hal-hal yang mengotori (merusak) Aqidah Islam dalam bertauhid adalah kufr dan syirik. Jelaskan mengapa?
b. Mengapa syirik (kemusyrikan) sebagai dosa besar yang sulit diampuni oleh Allah?

4. (soal khusus untuk kelas Bp. Ahmad Arifi, Ibu Yuni Ma’rufah dan Ibu Farida Musyrifah)
Bertauhid menuntut seseorang memenuhi konsekuensi keyakinan tauhidnya dalam segala tindakan. Apa konsekuensi bertauhid Uluhiyah dan bertauhid Rububiyah?

5. (soal khusus untuk kelas Bp. Ahmad Rodli)
Persoalan Iman adalah persoalan pribadi dan bukan persoalan kemanusiaan. Setujukan anda dengan pernyataan tersebut? Mengapa?
6. (soal khusus untuk kelas Bp. Abdul Munip)
Karena alasan kemiskinan, Sutiyem (33 tahun) terpaksa menjadi pelacur untuk menghidupi 3 anaknya yang masih kecil, setelah suaminya meninggal akibat kecelakaan kerja sebagai kuli bangunan. Sebenarnya ia sudah mencoba mencari pekerjaan yag halal, tetapi tidak berhasil. Sutiyem menyadari bahwa pekerjaannya itu diharamkan oleh Allah, tetapi ia beranggapan bahwa Allah pasti “memahami” jalan hidup yang ditempuhnya. Oleh karena itu, ia juga masih tetap menjalankan shalat lima waktu, berpuasa dan selalu memohon ampunan Allah.
a. Apakah langkah Sutiyem bisa dibenarkan? Berikan argumentasinya!
b. Bagaimana status keimanan Sutiyem jika dibandingkan dengan seorang ustadz anggota DPR yang melakukan tindak korupsi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar