Minggu, 08 Februari 2009

soal UAS smst. 1

RESPONSI PRAKTIKUM KIMIA DASAR I
SEMESTER GASAL TA. 2008/2009
PRODI KIMIA, PENDIDIKAN KIMIA, BIOLOGI, PENDIDIKAN BIOLOGI
SEMESTER I

Petunjuk :
1.Soal nomor 1-3 dikerjakan oleh semua prodi, soal nomor 4 untuk prodi kimia, pendidikan kimia dan biologi, soal nomor 5 untuk prodi pendidikan biologi.
2.Tidak mudah untuk mengucap syukur, terkadang kita selalu mengeluh kenapa kita begini kenapa kita begitu, contoh nyata kita mengeluh karena banyak tugas dari dosen yang harus dikerjakan, banyak materi yang harus dipelajari ketika ujian tiba, tapi pernahkah terbayang di benakmu, banyak orang diluar sana yang ingin sekali mengecap bangku kuliah, mencium aroma kampus tapi kondisi mereka menyebabkan kecapan dan aroma itu takterasa. Sangat jauh…… Maya Rahmayanti

Soal:
1.Seorang praktikan melakukan sederetan percobaan mereaksikan NaOH 0,1 M dan CuSO4 0,1 M menggunakan metode variasi kontinu untuk menentukan koefisien reaksi antara NaOH dan CuSO4. Volume campuran pereaksi dibuat tetap yaitu 30 ml.
a.Percobaan tersebut menunjukkan hasi optimum diperoleh saat volume NaOH 0,1 M 20 ml dan volume CuSO4 0,1 M 10 ml. Tentukan perbandingan mol antara NaOH dan CuSO4!
b.Dari hasil percobaan tersebut, buatlah persamaan reaksi antara NaOH dan CuSO4 berikut koefisiennya. (perbandingan mol = perbandingan koefisiennya) (25 poin)

2.A. Suatu logam alkali tanah (Ca dan Mg) dimasukkan dalam air dan muncul beberapa gelembung gas. Setelah ditambah indicator pp, warna larutan menjadi merah muda.
a.Tuliskan persamaan reaksi yang terjadi
b.Mengapa warna larutan berubah mnejadi merah muda ketika ditambah indicator pp?
c.Gas apa yang dihasilkan dalam percobaan tersebut?
B. Pada reaksi nyala, mula-mula kawat Mg ditetesi dengan larutan HCl pekat dan dipanaskan dalam nyala api, lalu kawat ditetesi dengan larutan NaCl pekat dan BaCl2 pekat?
a.Apa fungsi dari larutan HCl pekat?
b.Warna apa yang terjadi pada nyala setelah kawat ditetesi dengan NaCl pekat maupun BaCl2 pekat?
c.Mengapa terjadi perbedaan warna nyala (25 poin)
3.Salah satu jenis reaksi yang umumnya berlangsung dalam larutan berair adalah reaksi pengendapan, dan untuk meramalkan apakah akan terbentuk jika larutan dicampurkan dapat digunakan konsep kelarutan dari zat terlarut. (25 poin)
a.Apakah yang dimaksud dengan konsep kelarutan dari zat terlarut? Kapan suatu zat dikatakan larut?
b.Ramalkan senyawa apakah yang membentuk endapan dan tuliskan persamaan molekul, persamaan ionic dan persamaan ionic total dari reaksi senyawa berikut ini :
Larutan CuSO4 0,1 M direaksikan dengan larutan NaOH 0,1 M

4.Pada suatu percobaan penentuan kadar asam cuka perdagangan, seorang mahasiswa mengambil 10 mL asam cuka kemudia mengencerkannya sampai 100 mL. Mahasiswa tersebut kemudian mengambil masing-masing 10 mL larutan asam cuka yang telah diencerkan dan mentitrasinya menggunakan larutan standar NaOH. Di akhir percobaan, mahasiswa tersebut mendapatkan data sebagai berikut :


Titrasi I (mL)
Titrasi II (mL)
Titrasi III (mL)
Skala awal buret
0
10.9
0
Skala akhir buret
10.9
22.05
10.95

Jika mahasiswa tersebut menggunakan larutan standar NaOH 0.106 M, maka hitunglah:
a.Rerata volume NaOH yang digunakan
b.Konsentrasi cuka yang dititrasi (encer) dan konsentrasi cuka sebenarnya (M)!
(25 poin)

5.Jelaskan secara singkat yang dimaksud dengan Stereokimia dan mengapa kita perlu mempelajarinya?
Berikut ini merupakan gambar dari gula sederhana Eritrosa:

a.Gambarlah keempat stereoisomernya!
b.Jelaskan apakah Eritrosa merupakan suatu senyawa meso atau bukan!
(25 poin)

UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2008/2009
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA


Mata Kuliah : Biologi Umum dan Biologi Umum I
Program Studi : FIS, P.FIS., KIM., P.KIM., BIO. dan P.BIO.
Ruang : 101, 102, 104, 301, 302, 303, 304, 305, 306, 402, 403.
Dosen Pengampu : Dra Maizer Said Nahdi, M.Si. / Jumailatus Solihah, S.Si. /
Isma Kurniatanty, M.Si. / Runtut Prih Utami, M.Pd.
Waktu : 14.30 – 16.00 WIB (90 menit)
Sifat : Buku tertutup


Bismillaahirrahmaanirrahiim

A. Pilihlah jawaban yang tepat dan tuliskan jawaban anda (A, B, C, atau D) pada lembar jawaban yang telah disediakan!

1.Pewarisan informasi genetic pada reproduksi aseksual melibatkan …
a.Fertilisasi
b.Pembelahan meiosis
c.Pembelahan mitosis
d.gametogenesis
2.spesies-spesies dibawah ini yang bereproduksi melalui pembelahann binner adalah…
a.Saccharomyces cereviceae
b.Bacillus subtilis
c.Hydra sp.
d.Planaria sp.
3.Tahap awal dari pembelahan binner adalah…
a.Pembelahan mitosis
b.Replikasi DNA
c.Pemanjangan sel
d.Transkripsi DNA
4.Hasil akhir dari oogenesis adalah…
a.Ovum yang diploid
b.Ovum dan badan polar yang haploid
c.Ovum yang haploid dan badan polar yang diploid
d.Ovum yang diploid dan badan polar yang haploid
5.Reproduksi aseksual menghasilkan keturunan yang …
a.Bersifat haploid seperti induknya
b.Informasi genetiknya sama dengan induk
c.Berbeda dengan induk
d.Mempunyai informasi genetic setengah dari informasi genetic induknya.
6.Berikut ini adalah alasan Gregor Johann Mendel melakukan serangkaian percobaan untuk menemukan prinsip dasar hereditsa / pewarisan sifat dengan menggunakan tanaman ercis (Pisum sativum) kecuali…
a.Tanaman ercis berumur pendek
b.Ercis memiliki bunga tidak sempurna
c.Tanaman ercis memiliki banyakk varietas
d.Ercis memiliki tujuh sifat dengan perbedaan yang menyolok
7.Dengan mengyilangkan galur murni ercis berbiji kuning halus dengan galur murni berbiji hijau keriput, hasilnya berupa tanaman ercis generasi F1 yang semuanya berbiji kuning halus. Bila tanaman F1 ini dibiarkan menyerbuk sendiri, maka diperoleh generasi F2 dengan nisbah…
a.3 : 1
b.9 : 3 : 1
c.9 : 3 : 3 : 1
d.27 : 9 : 9 : 9 : 3 : 3 : 3 : 1
8.Sifat keturunan yang dapat diamati/dilihat (bentuk, warna, ukuran) disebut…
a.Genotip
b.Fenotip
c.Alel
d.Filial
9.Suatu kromosom apabila sentromernya terletak di tengah-tengah lengan kromatid, sehingga kromosomnya terbagi menjadi dua lengan yang sama panjang disebut kromosom tipe…
a.Telosentrik
b.Akrosentrik
c.Metasentrik
d.Submetasentrik
10.DNA terdiri dari empat macam basa nitrogen, yaitu…
a.Cytosine, thymine, adenine, guanine
b.Cytosine, urasil, adenine, guanine
c.Valin, alenin, guanine, thymine
d.Thymine, urasil, guanine, alenine
11.Diantara pernyataan-pernyataan berikut ini, manakah yang paling tepat menjelaskan tentang seleksi alam?
a.Peternak memilih hewan-hewan dengan sifat unggul untuk dibiakkan
b.Spesies baru terbentuk melalui rekayasa genetika
c.Individu dapat bertahan hidup karena memiliki sifat-sifat yang dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungan.
d.Populasi yang memiliki kelompok gen yang sama saling melakukan breeding dan menghasilkan spesies baru
12.Tangan manusia dengan sirip dada ikan hiu merupakan contoh dari struktur…
a.Homolog
b.Komplementer
c.Analog
d.Allopatrik
13.Menurut bukti-bukti biokimiawi untuk evolusi, manakah yang memiliki susunan DNA paling mirip…
a.Manusia dank era
b.Kuda dan badak
c.Burung dan reptile
d.Ikan hiu dan paus
14.Archeoptherix diduga merupakan mata rantai yang hilang )missing link) yang menghubungkan antara…
a.Manusia dank era
b.Anjing dan kucing
c.Amfibi dan reptile
d.Reptile dan burung
15.Sekelompok organisme yang dapat bereproduksi satu sama lain dan menghasilkan keturunan yang fertile disebut…
a.Alel
b.Spesies
c.Hybrid
d.Genom
16.Faktor-faktor yang menyebabkan keanekaragaman hayati adalah…
a.Genetik dan DNA
b.Lingkungan biotic dan abiotik
c.Genetik dan lingkungan
d.Kelembaban dan oksigen
17.Manfaat keanekaragaman gen dalam bidang bioteknologi adalah…
a.Produksi antibiotic
b.Rekayasa genetik
c.Alternatif bahan makanan
d.Meningkatkan hasil pertanian
18.Untuk mempermudah mempelajari keanekaragaman hayati, makhluk hidup dikelompokkan berdasarkan hubungan kekerabatannya. Cabang ilmu biologi yang mempelajari pengelompokkan tersebut adalah…
a.Klasifikasi
b.Morfologi
c.Anatomi
d.Taksonomi
19.Sistem tanaman yang digunakan dalam penamaan spesies disebut…
a.Genus nomenclature
b.Spesies nomenclature
c.Binomial nomenclature
d.Spesies binomial
20.Tingkatan keanekaragaman hayati yang paling dasar adalah…
a.Keanekaragaman spesies
b.Keanekaragaman gen
c.Keanekaragaman individu
d.Keanekaragaman ekosistem
21.Berikut ini tingkatan organisasi kehidupan makhluk hidup yang paling tepat adalah…
a.Sel à jaringan à organ à individu à populasi à komunitas à ekosistem
b.Sel à organ à jaringan à individu à ekosistem à komunitas à biosfer
c.Sel à jaringan à organ à komunitas à populasi à ekosistem
d.Sel à jaringan à organ à individu à komunitas à ekosistem à biosfer
22.Adaptasi morfologi merupakan penyesuaian bentuk tubuh untuk kelangsungan hidup. Berikut ini yang termasuk dalam adaptasi morfologi adalah…
a.Kelenjar bau pada musang
b.Kantong tinta cumi-cumi
c.Bentuk paruh elang
d.Mimikri pada kadal
23.Suatu level kajian ekologis yang meliputi semua organisme dalam suatu daerah tertentu dan juga faktor abiotik yang berinteraksi dengan mereka serta terdapat siklus kehidupan disebut…
a.Organisme
b.Komunitas
c.Populasi
d.Ekosistem
24.Interaksi organisme dimana hubungan antara dua organisme yang berbeda spesies yang saling menguntungkan kedua belah pihak disebut…
a.Predator
b.Parasitisme
c.Mutualisme
d.Komensalisme
25.Dibandingkan dengan daratan, suhu bioma laut…
a.Lebih stabil
b.Kurang stabil
c.Lebih sedikit menyerap radiasi sinar matahari
d.Memiliki kondisi ekstrim yang lebih
26.Tanaman transgenik adalah…
a.Tanaman yang mengalami mutasi
b.Tanaman hasil persilangan
c.Tanaman yang disisipi gen dari spesies lain
d.Tanaman yang diadaptasikan pada lingkungan tertentu sehingga menghasilkan sifat baru
27.Bioteknologi tidak dapat digunakan untuk…
a.Memproduksi vaksin yang efektif dan aman
b.Memproduksi protein manusia dalam jumlah besar
c.Mengubah kecerdasan bayi yang baru lahir
d.Mengidentifikasi kelainan genetika pada orang dewasa dan janin
28.Kromosom aksesori berukuran kecil yang umumnya dijumpai pada bekteri dan banyak digunakan dalam teknik rekayasa genetik adalah…
a.Plasmid
b.DNA
c.Alel
d.Gen
29.Apa yang digunakan untuk memotong gen dalam teknik rekayasa genetika?
a.Enzim restriksi
b.Pisau mikro
c.Plasmid
d.Virus
30.Teknologi DNA rekombinan TIDAK digunakan untuk….
a.Menyisipkan gen-gen normal pada pasien yang menjalani terapi gen
b.Menciptakan tanaman kapas yang tahan serangan hama
c.Menciptakan bakteri yang mampu membersihkan lingkungan yang tercemar logam berat
d.Menciptakan domba dolly

B.Jawablah dengan jelas dan singkat! Tuliskan jawaban pada lembar yang disediakan!
1.Gambar dibawah ini adalah jarring-jaring makanan yang terdapat pada sebuah hutan. Jika spesies h punah, sebutkan hipotesis Anda tentang tentang dampaknya, terhadap jumlah populasi spesies lain pada jarring-jaring makanan dalam hutan tersebut?



2.Akhir-akhir ini banyak pembicaraan mengenai perubahan ikim, apa yang saudara ketahui mengenai masalah ini dan jelaskan bagaimana dampaknya pada makhluk hidup dan biosfer?

UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2008/2009
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SUNAN KALIGAJA
YOGYAKARTA


Mata Kuliah : Islam dan Budaya Lokal
Smst./Prodi : I/P.Bio., Bio., Mat., P.Fis., Fis., Tin., TIF.
Hari/Tanggal : Selasa, 13 Januari 2009
Waktu : 13.00 – 14.00 WIB
Ruang : 101-104, 302-304, 401-406, Teatrikal
Dosen : Drs. Sedya Sentosa, SS, M.Pd.
Dr. Maharsi
Lebba, S.Ag., M.Si.
Mukalam, M.Hum.
Sifat : Terbuka


Petunjuk :
1.Jawablah soal-soal dibawah ini dengan uraian analitis secara singkat dan jelas!
2.Kerjakan 4 (empat) soal saja!

Soal:
1.Menurut anda, apa dan bagaimana hubungan agama dan kebudayaan? Apa manfaat mempelajari Islam dalam hubungannya dengan budaya lokal? Jekaskan!
2.Salah satu bentuk akulturasi Islam dan Budaya Lokal di Indonesia terjadi di dalam pemikiran dan ritual keagamaan. Tunjukkan bentuk-bentuk akulturasi dalam kedua bidang tersebut dan berilah contohnya!
3.Mengapa masyarakat pesisir utara Jawa mempunyai kecendrungan Islam “murni” disbanding masyarakat pedalaman Jawa bagian selatan? Jelaskan!
4.Jelaskan pola atau model hubungan antara agama dan Negara di Indonesia! Berilah contoh kasus!
5.Mengapa tak jarang agama menjadi sumber konflik dan kekerasan? Jelaskan!
6.Apa yang anda pahami tentang kearifan lokal? Tunjukkan potensi yang dimiliki kearifan lokal dalam menciptakan iklim perdamaian dan toleransi!


--- Selamat Mengerjakan ---

UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL
TAHUN AKADEMIK 2008/2009
UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA


Mata Kuliah : PENGANTAR STUDI ISLAM
Hari/Tanggal : Jum’at, 16 Januari 2009
Kelas/Prodi : Fisika, Pendidikan Fisika, Teknik Informatika, Teknik Industri,
Pendidikan Matematika, Biologi dan Pendidikan Biologi.
Waktu : 10.00 – 11.00 (60 menit)
Ruang : 101-104, 301-306, 401-404, 406-409, Thea.
Dosen Penguji : Drs. Abd. Malik Usman, M.Ag.
Drs. Kamsi, M.A.
Drs. Ahmad Pattiroy, M.A.
Yasin Baidi, S.Ag., M.Ag.
Muqowim, M.Ag.


Petunjuk:
Ujian bersifat close-book
Jagalah kejujuran akademik Anda dalam mengerjakan soal. Jangan pertaruhkan kredibilitas dan kapabelitas intelektualitas Anda dengan melakukan ketidakjujuran dan kecurangan dalam mengerjakan soal.
Pilihlah empat (4) soal dari soal-soal dibawah ini! Setiap nomor yang dijawab dengan benar memperoleh skor 25.
Pahami soal dengan cermat dan seksama! Jawaban mohon singkat, padat, jelas dan rapi!


Soal:
1.Al-Qur’an diturunkan untuk merespons berbagai permasalahan yang muncul di bumi. Namun, upaya membumikan al-Qur’an harus melalui penafsiran. Pertanyaannya adalah: mengapa harus melalui tafsir? Mengapa terdapat beragam corak tafsir? Berikan argumen Anda!
2.Salah satu corak tafsir adalah maudhu’iy. Apa yang dimaksud dengan tafsir maudhu’iy, dan apa pula keistimewaannya? Coba jelaskan singkat!
3.Pluralism (kemajemukan) menjadi salah satu isu actual di dalam studi Islam dewasa ini. Untuk meminimalisir atau menghindari kemajemukan itu agar tidak berkembang kea rah yang destruktif (konflik-perpecahan), diperlukan kiat-kiat jitu. Coba anda kemukakan (minimal tiga) sikap yang perlu dikembangkan dalam merespons kemajemukan tersebut!
4.Secara makro, model kajian-kajian keislaman terbagi menjadi tiga, yaitu Bayani, Burhani dan ‘Irfani. Jelaskan maksud dari ketiganya itu beserta “stressing” kajiannya masing-masing dan berikan contohnya! Kemudian bagaimana Anda menjelaskan ketiganya dalam konteks integrasi dan interkoneksi keilmuan yang sedang kita bangun sekarang ini?
5.Apa makna substantive dari al-Qur’an itu? Mengapa (baca: apa tujuan) diberi nama dengan itu? Ada berapa juz, surat dan ayatnya? Selenjutnya, diyakini bahwa keberadaan al-Qur’an yang sampai kepada kita adalah secara tauqifi. Apa maksudnya? Aspek apa saja yang termasuk di dalamnya?
6.Menurut John F. Haught, sejarah hubungan antara sains dan agama terpola menjadi empat bentuk. Sebut dan jelaskan keempat bentuk tersebut dan dari keempat bentuk itu mana menurut Anda yang paling kondusif terhadap pengembangan kajian-kajian Islam di masa-masa yang akan datang. Apa alasannya?
7.Mempelajari studi Islam di Barat tidak lepas dari Orientalisme. Apakah yang anda ketahui tentang istilah tersebut? Mengapa karya-karya mereka dinilai oleh sebagian sarjana muslim belum memadai?
8.Apa pernyataan begini: “Karena menggunakan pendekatan yang berbeda, maka hasilnya pun berbeda”. Nah, apakah yang dimaksud dengan “pendekatan” dalam kajian-kajian keislaman? Mengapa perlu? Sebut lima contoh pendekatan yang bisa digunakan dalam studi-studi keislaman!.
9.Dalam catatan Human Development Index (2003) mengindikasikan bahwa penduduk muslim di banyak Negara muslim di dunia mengalami keterbelakangan di bidang pendidikan, ekonomi dan kesehatan, bahkan politik. Menurut anda, faktor apa yang menyebabkan keterbelakangan itu? Sebutkan secara rinci solusi yang tepat untuk segera diagendakan umat Islam dalam mengantisipasi ketertinggalan tersebut!
10.Jelaskan sejumlah istilah dibawah ini [pilih lima poin saja!]:
a.Paradigm integrative-interkonektif
b.Islamisasi ilmu pengetahuan
c.Sumber hukum Islam
d.Fiqh dan Ushul fiqh
e.Syari’ah samawi dan syari’ah wadh’i
f.Ilmu kauniyah, ilmu qauliyah dan ilmu ummatiyah
g.Pendekatan interdisipliner
h.Pendekatan antropologi
i.Pendekatan normative
j.Pendekatan yuridis
k.Kesetaraan gender

SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2008/2009
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA


Mata Kuliah : Tauhid
Smt. / Prodi : I/ Mat, P.Mat., Bio., P.Bio., Kim., Fis., P.Fis., TIF, TIN
Hari / Tanggal : Kamis, 08 Januari 2009
Waktu : 13.00 – 14.00 WIB (60 menit)
Dosen : Dr. Ahmad Arifi, M.Ag., Drs. H. Ahmad Rodli, M.Pd., Dr. Abdul Munip, Lebba, S.Ag., M.Si.
Sifat : Buku Tertutup (Closed Book)


1.Munculnya pemikiran Kalam (Teologi Islam) disebabkan oleh persoalan politik ummat Islam dan cara pemahamannya terhadap sumber ajaran Islam (Al Qur’an dan al-Hadits).
a.Mengapa muncul kelompok Khawarij yang semula sebagai pendukung Ali dalam perang Shiffin yang kemudian berkesimpulan mengkafirkan para pihak yang terlibat dalam tahkim?
b.Apa perbedaan mendasar ajaran Khawarij dan Syi’ah tentang imamah?

2.Mengapa Mu’tazilah dikenal sebagai kelompok rasionalis Islam yang mengutamakan akal dari pada wahyu.
a.Jelaskan bagaimana konsep hubungan akal dan wahyu menurut Mu’tazilah!
b.Apa perbedaan ajaran Mu’tazilah dan Asy’ariyah terkait dengan keadilan dan Kekuasaan Tuhan?

3.Mempercayai adanya takdir Allah merupakan salah satu rukun iman, dan ikhtiar merupakan kewajiban bagi setiap muslim untuk menentukan nasibnya.
a.Apa relevansi takdir dan ikhtiar dengan konsep kudroh dan iradah Allah menurut pemikiran aliran kalam Mu’tazilah dan Asy’ariyah? Jelaskan!
b.Apakah kemiskinan yang dialami sebagian ummat Islam di Indonesia disebabkan oleh takdir Allah atau karena cara pandang yang keliru tentang takdir Allah?
Jelaskan dengan dalil nash dan argument yang rasional tentang hal tersebut!
c.Menurut saudara, nilai-nilai teologis mana yang sekiranya cocok untuk membangun bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju dan mandiri?
Jelaskan!

4.a. Tauhid merupakan upaya pembebasan manusia dari belenggu kejahiliyahan teologis dan kenistaan humanis. Jelaskan fungsi tauhid dalam kehidupan manusia dengan tugas utamanya sebagai hamba Allaj (Q.S. Al-Dzariyat [51] : 56) dan sekaligus fungsi manusia sebagai khalifah fil ardl (Q.S. Al-Shad [38] : 26).
b. Bagaimana melakukan kontekstualisasi nilai-nilai Tauhid dalam konteks multikulturalisme pada saat sekarang ini, terutama dalam kehidupan beragama di Indonesia?.

1 komentar:

  1. Casino Bonus Codes - December 2021
    No deposit bonus casino promotions. We recommend 1xbet 먹튀 2021 https://septcasino.com/review/merit-casino/ casino bonus codes and promos gri-go.com for new poormansguidetocasinogambling players. We also list new casino bonuses for December หาเงินออนไลน์ 2021.

    BalasHapus